Roy Marthin Sihotang

Roy Marthin Sihotang
Roy Marthin Sihotang, Putra Sampuran Kec.Parlilitan yang lahir disampuran,anak dari B.Sihotang/R.br.Sinaga (Raja Huta Sampuran)

SEJARAH HUTA SAMPURAN

SEJARAH HUTA SAMPURAN

Asalmula Huta Sampuran diawali dari Pindahnya Op.Saruan Bosi Sihotang Sorganimusu dari Sampuran Napitu dari Negeri Sihotang Samosir kira-kira 350 tahun yang lalu. Sampai sekarang keturunanya berkedudukan di Sampuran. Op.Saruan Bosi mempunyai 2 anak : Guru Toing Barita dan Op.Sinanjar dan 1 boru : Kawin ke Marga Sitohang di Baringin. Setelah beberapa Generasi sebagian penduduk merantau :

1. Guru Toing Barita Sihotang : Tinggal di Sampuran

2. Op.Sinanjar Sihotang : Lobu Harambir Pinim

3. Op.Sampuran : Di Sampuran

4. Op.Togar : Si Onom Hudon Parlilitan (Napahorsik, Tornauli, Sibokkare, Sidulang)

5. Op.Galumbang : Disampuran

6. Op.Sohirimon : Huta Bangun ( Sihorbo Tanjung )

7. Op.Hinomat : Sampuran, yang keturunannya tinggal di Pananggahan Barus

8. P.Omat : Sampuran

9. Sigorat : Lao Tu Rimo ( Aceh ), sampai sekarang tidak diketahui keturunannya.

10. Manjumait : Tinggal di Salak ( Pakpak Barat)

11. Rj.Hiram : Sampuran ( Yg Tinggal sampai sekarang Disampuran)

12. Salomo : Sampuran ( Yg Tinggal sampai sekarang Disampuran)

13. Rusim : Lemaga Kec.Tarabintang

14. Op.Rajiman : Siduambilik Kec.Parlilitan

Pada generasi ke 4 bertambah marga Malau datang dari Sipagabu Kec.Pakkat, dan Marga Sitohang dari Baringin Pusuk. Pada saat itu Marga Malau menjadi Boru Huta ( Hela ), dan Marga Sitohang . Pada Generasi berikutnya Marga disini bertambah yaitu Sinaga yang datang dari D.Sanggul karena memperistrikan boru Sihotang dari Sampuran. Kemudian pada generasi Selanjutnya bertambah Marga Nainggolan ( Hula-hula sihotang sampuran ) yang datang dari Janji Pusuk. Pada Generasi ke 9 datang Marga Sihotang Sorganimusu (Bona Sihotang), dari Huta Galung Toba yang beristrikan boru Sinaga dan selanjutnya bertambah marga Sigalingging, Sitanggang dan Simanullang sampai sekarang. Yang memegang Kerajaan Huta Sampuran sampai sekarang (2011) adalah keturunan dari Op. Rj.Hiram Sihotang yang tinggal menetap di Sampuran dan boru hutanya Marga Malau. Sampai Blog Sampuran ini dibuat ( 2009 ), Saya adalah Generasi Ke 12.

Dikutip dari Rj.Huta Sampuran ( Op.Kembar Sihotang ) tanggal 3 January 2009 di Sampuran Kec.Parlilitan Kab.Humbang Hasundutan Sumatra Utara Indonesia.

Ingot Bona Pasogit

Unang lupa hita.....Parlilitan sangatlah indah yang belum tercemari oleh udara kotor. Tempat Wisata seperti Air Terjun yg ada disimonggo sangatlah indah. Sungai tersebut sekarang lagi dibuat oleh pemerintah sebagai PLN,semoga ini awal baik untuk mempublikasikan bahwa Parlilitan itu sangat indah dan sangat berfungsi. Parlilitan juga adalah daerah Gugurnya Pahlawan kita Sisingamangaraja XII,yang tugunya masih ada di Pearaja Parlilitan.

Jumat, 11 Desember 2009

Sampuran Sibabo

Sampuran adalah sebuah huta di desa Sihasdolok II Kec.Parlilitan Kab.Humbahas Sumut. Sebuah huta yang dihuni oleh Marga Sihotang,sitohang,Malau,Nainggolan. Dan sebagai pemuka pertama huta ini adalah marga Sihotang yang ternasuk saya adalah keturunannya. Sedangkan Parlilitan dihuni oleh banyak marga, dan uniknya di Parlilitan terdapat dua bahasa,yakni bahasa Batak Toba dan Bahasa Dairi. Di Parlilitan ini sangatlah sejuk karena belum tercemar lingkungannya. Tempat wisata seperti Air terjun yg ada di Simonggo sangatlah indah untuk dipandang mata. Disamping itu juga Tugu Pahlawan Sisingamangaraja ke XII ada disana yaitu di Pearaja. Kapan ya itu s'mua bisa dinikmati oleh wisatawan dari luar??? inilah pekerjaan kita generasi dari Parlilitan.Mari kita Usahakan......

Horas Sampuran Parlilitan